Senin, 04 Juli 2011

[Klub Bisnis & Manajemen] belajar Six Sigma: Bab Pendahuluan : panduan memilih proyek



Selamat berjumpa kembali rekan2

berikut ini saya sampaikan kelanjutan sharing kita

salam

Sunawan (panggil saja : Cak Sun)
HRM Coordinator
Pendiri HRM Club


Panduan memilih proyek
Mengapa six sigma dipilih?
1. Karena metode six sigma mampu memberikan nilai maksimum yang diinginkan customer, karyawan dan pemangku kepentingan
2. Six Sigma berdampak langsung kepada cost atau revenue
3. Six Sigma bisa diaplikasikan pada improvement kondisi Existing maupun new process/product
4. Six Sigma dalam aplikasinya harus ada mentor dan sponsor agar bisa berjalan dengan baik
 
Proyek Saya / anda?
Proyek anda dapat focus kepada:
1. Produk anda yang anda deliverikan kepada perusahaan
2. Membantu perusahaan untuk reduce defect dalam produk atau proses
3. Work process yang anda gunakan untuk mengeksekusi dan mensupport bisnis atau fungsi
4. Bagaimana anda dapat mendeliver untuk less time, less money, higher quality, or greater customer satisfaction
5. bagaimana anda dan grup anda mengoperasikan dan mengelola bisnis dan decision making
6. Bagaimana vendor / kontraktor yang dipakai dan mendeliver servisenya kepada anda
7. Item-item yang merefleksikan data customer feedback
8. New business process or product yang anda perlukan untuk mengembangkan untuk meningkatkan business objective anda
9. area yang relevan dengan kritikal pekerjaan anda
 
Bagaimana memilihnya utk green belt?
1. Berhubungan dengan tanggungjawab atau control anda atau span of influence
2. Anda mampu memanage-nya dalam waktu 1 – 6 bulan
3. proyek anda tidak melibatkan modal yang besar
4. memiliki kontribusi benefit yang riil dan harus berupa uang (Rp)
 
Cara lain
Lihat:
1. Strategic plan (5 year plan)
2. Profit objective – Current year business plan
3. Critical operating task (COT)
4. Project opportunities
 
Bagaimana bila pakai BSC
1. Strategic plan (5 tahun)
2. Profit objective
3. Objective & KPI (COT)
5. Initiative (Project opportunities)
 
2 kategori proyek
1. Top line: agresifdi pasar
a. Volume
b. Price
c. Market share
d. New Application
2. Bottom line – Improvement : agresif di internal (best practice)
a. scrap
b. rework
c. cycle time
d. inefficiencies
e. waste
f. defect
 
Contoh:
Bottom line project
          Increase production yield
          Reduce slow moving inventory
          Improve complaint handle cycle time
          Reduce of credit invoice
          Reduce defects in issuing rebates or commissions
          Reduce number of Purchase Order alterations on equipment
          Reduce non-compliant area in audit
          Reduce exception notices in invoicing
          Reduce excess spending for prescription safety glasses
          Reduce cost overruns for web site development
          Reduction of non-value added use of business system
          Improvement of system support to warehouse operation
          Improvement of quality of sales report
          Improvement of budget & cost control
          Inefficient capital approval process
          Improve compliance on usage of preferred travel providers
          Improve DOC cycle time
          Improve compliance to employee target development plan
          Reduce waste of non-occupied office space
          Reduction of defect in customer account profile maintenance
          Reduction of system defect in ordering process
 
Top line project
          Improve the effectiveness of price increase efforts
          Improve the order lead effectiveness of quotations/samples/marketing communications process
          Enable e-commerce capability between DuPont Automotive and customers
          Reduce cycle time of product qualification process
          Develop a new Starch to accelerate customer penetration
          Develop Strategic Account managing process
          Improve distributor performance for higher market share
          Improve new product introduction cycle time to gain more sales



__._,_.___


-------- [ Business-Management-subscribe@yahoogroups.com ] -------->
               - KLUB BISNIS & MANAJEMEN INDONESIA -

Anggota Klub Business Management perbulan Oktober 2005 = 5.000 member lebih dan pada bulan Desember 2005 = 6.000 member lebih, sekarang sudah lebih dari 9.000 member. Dengan anggota sebanyak ini, maka sarana diskusi milis ini sangat kondusif untuk pencerahan

- Agar inbox e-mail anda tdk cepat penuh, kirim e-mail ke:
Business-Management-digest@yahoogroups.com
- Berhenti sementara dari milis:
Business-Management-nomail@yahoogroups.com
- Kembali ke seting normal:
Business-Management-normal@yahoogroups.com
----------------------------------------

Bersama memantapkan pemahaman ilmu bisnis dan manajemen dengan berbagi masalah dan solusi, teori dan aplikasi, konsep dan kondisi lapangan

DILARANG
- Dilarang mengirim SPAM, JUALAN, MESUM, PROPAGANDA, SARA, POLITIK dll
- Dilarang Chating dalam forum milis
- Gunakan jalur pribadi bila sifatnya privasi
- Hapus bagian Footer sebelum Reply
- Attachment maksimal 300 Kb
---------
Milis ini terilhami oleh sistem manajemen bisnis Balance Scorcard (Learning & Growth, Internal Process, Customer dan Finance) dan Malcolm Baldridge (The Excellence Performance Company: Leadership; Strategic Planning; Customer & Market Focus; Measurement, Analysis & Knowledge Management; Human Resource (HRD) Focus; Process Management; Business Results), Blue Ocean Strategy (BOS) dan Sistem ISO System dimana dalam sistem tersebut bisnis dikelola secara integral sesuai bisnis prosesnya.
--------------------------------------------------------------->


SWN
Moderator & Owner




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

0 Comments:

 

Get Visa Card Info | Domain Guide |