Minggu, 03 Januari 2010

[Klub Bisnis & Manajemen] KPI (design, review and validation) 22 Januari 2010 - Bonus Panduan KPI + Ratusan Contoh KPI



 

Key Performance Indicators & Target Setting

(Design, Review & Validation)

Jum'at, 22 Januari 2010

Hotel Sofyan Tebet

Bonus:

1. Kamus KPI: Ratusan contoh KPI siap modifikasi

2. Buku Panduan KPI Lengkap


Training dibawahkan oleh orang yang pernah membawa salah satu BUMD menjadi The Best BUMD Indonesia mengalahkan 600 BUMD di Indonesia dengan 6 Kategori

 

KPI & Target System adalah Konsep Performance Management yang sangat populer seiring dengan munculnya Konsep Balance Scorecard (BSC), sehingga tidak heran bila ada yang mengatakan BSC adalah salah satu metamorfose dari Performance Management yang lebih mengedepankan aksi melalui konsep Objective, KPI, Target, & Initiative-nya..

Dalam Workshop ini, anda akan diajarkan bagaimana membuat KPI & target yang benar, anda akan diajarkan untuk membedakan mana objective, outcome, output dan aktivitas sehingga KPI-nya benar. Disamping itu anda akan diajarkan bagaimana melakukan review dan validasinya apakah KPI yang dibuat itu sudah benar atau tidak.

Anda juga akan diajarkan bagaimana melakukan pembobotan yang benar terhadap semua objective, outcome, output dan aktivitas serta KPI secara ilmiah bukan berdasarkan adjustment semata.

Anda juga akan diajarkan mana yang lebih penting diantara sekian banyak KPI, program & unit kerja shg perusahaan bisa membuat skala prioritas dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Metode diberikan adalah metode gabungan antara dunia Praktis & konseptual dengan memasukkan beberapa tools manajemen.

 

Pendahuluan

Bagus tidaknya kinerja sebuah perusahaan tergantung pada pencapaian KPI & target perusahaan yang di-breakdown menjadi KPI & target individu. Kesulitan yang sering ditemukan adalah bagaimana mendefinisikan KPI & Target masing-masing individu, lalu hubungannya dengan divisi dan korporasi.. Kemudian bagaimana menseting dan mengkuantifikasikannya kedalam bentuk riil sehingga memudahkan dalam bekerja. Dan yang terakhir adalah bagaimana mendeploy KPI & target perusahaan menjadi KPI & target individu secara rigit (Management Policy).

 

Praktek tersebut adalah sesuatu yang rutin dalam program Performance Management, yang dimulai dengan KPI & Target Plan (bulan November/Desember), KPI & Target review (tergantung kebijakan, umumnya 1-3 kali dalam setahun yang dikenal sistem kuartal atau semester) kemudian KPI & Target Appraisal (akhir tahun).

 

Dengan adanya KPI & target yang jelas, Divisi/Unit dan karyawan dapat bekerja secara fokus dan menitikberatkan kemana energi harus disalurkan. Melalui KPI & Target pula dapat diketahui obejctive, outcome, output dan produktivitas kerja divisi/unit kerja dan karyawan. Melalui KPI & target pula, seorang atasan bisa melakukan pengontrolan terhadap divsi/unit dan karyawan bawahannya. Meskipun Divisi/Unit dan karyawan terlihat sibuk dan banyak pekerjaan, tapi bila KPI-nya tidak terpenuhi, maka dianggap tidak ada nilainya. Inilah yang kemudian yang disebut Management by Dashboard. Seorang Direktur/Manager laksana pilot yang mengendarai pesawat dengan cukup melihat Indikator divisi/unit dan karyawan dibawahnya melalui indikator yang terpasang dalam dashboard.

 

OUTLINE

1. Dimensi strategik sistem penilaian kinerja

a. Visi, Misi goal & budaya perusahaan

b. Overview tentang sistem manajemen kinerja

c. Mengkaitkan sistem manajemen kinerja dengan strategi organisasi

d. Sistem kinerja dalam sebuah arsitektur sumber daya manusia

2. Strategi organisasi

a. Road map sistem kinerja (strategy map)

b. Outcome & output organisasi

c. Output departemen, unit & individu

3. Budaya organisasi

a. Kondisi sekarang

b. Kondisi yang diinginkan

c. Core competency

4. Formulasi strategi menjadi aksi nyata

a. Objective

b. Measurement (Key Performance Indicator / KPI)

c. Target

d. Initiative (Program)

e. Struktur organisasi

f. Job Analysis (Job Description)

g. Pembuatan wewenang untuk eksekusi KPI

5. Cascading / break down obyektif organisasi

a. Dari obyektif organisasi menjadi obyektif departemen

b. Dari obyektif departemen menjadi obyektif unit kerja

c. Dari obyektif unit kerja menjadi obyektif posisi / jabatan (per karyawan)

6. Mendesain dan mengelola sistem KPI

a. Kriteria

b. Pembobotan

c. Formulasi

d. Seting target

e. AHP

7. Validasi & integrasi

 

Fasilitator

Bpk Achmad Juliansyah

 

Investasi:

Rp 950.000,- (member HRM Club)

@ Rp 850.000,- (member rombongan)

Rp 1.000.000,- (untuk non member HRM Club)


Training ini dijalankan bila jumlah peserta minimal 7 orang

Transfer:

BCA KCU Matraman a/n Aflaqha Dwi Ilmia Rini

3422  616  052

(Bukti transfer harap dibawa saat acara untuk ditukarkan dengan kwitansi)

 

Pendaftaran:

Email: teamhrmclub@yahoo.com  atau

sms 0817 994 0224 (ketik: KPI, nama, asal, email)

Telp.: 021 - 8499 6361

 

Waktu & Lokasi:

09.00 -  16.00 WIB

Hotel Sofyan Tebet, Jl Soepomo no 23 Tebet Jakarta (Depan Univ Sahid)

 

================================

Form Pendaftaran

Topik program: KPI

Nama :

Perusahaan:

Alamat:

Telp/HP:

Email:

Tgl transfer:

Harap dikirimkan ke: teamhrmclub@yahoo..com atau sms HP 0817 994 0224

================================

Untuk Menjadi Member HRM tidak dipungut biaya alias Gratis, Cukup anda Kirim Email ke: HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com

Tunggu 10 menit, untuk mendapatkan email konfirmasi, lalu anda reply langsung email tsb tanpa mengubah sedikitpun kemudian ikuti prosedurnya. Setelah itu anda bisa menikmati harga spesial untuk semua program HRM


























__._,_.___


-------- [ Business-Management-subscribe@yahoogroups.com ] -------->
               - KLUB BISNIS & MANAJEMEN INDONESIA -

Anggota Klub Business Management perbulan Oktober 2005 = 5.000 member lebih dan pada bulan Desember 2005 = 6.000 member lebih, sekarang sudah lebih dari 9.000 member. Dengan anggota sebanyak ini, maka sarana diskusi milis ini sangat kondusif untuk pencerahan

- Agar inbox e-mail anda tdk cepat penuh, kirim e-mail ke:
Business-Management-digest@yahoogroups.com
- Berhenti sementara dari milis:
Business-Management-nomail@yahoogroups.com
- Kembali ke seting normal:
Business-Management-normal@yahoogroups.com
----------------------------------------

Bersama memantapkan pemahaman ilmu bisnis dan manajemen dengan berbagi masalah dan solusi, teori dan aplikasi, konsep dan kondisi lapangan

DILARANG
- Dilarang mengirim SPAM, JUALAN, MESUM, PROPAGANDA, SARA, POLITIK dll
- Dilarang Chating dalam forum milis
- Gunakan jalur pribadi bila sifatnya privasi
- Hapus bagian Footer sebelum Reply
- Attachment maksimal 300 Kb
---------
Milis ini terilhami oleh sistem manajemen bisnis Balance Scorcard (Learning & Growth, Internal Process, Customer dan Finance) dan Malcolm Baldridge (The Excellence Performance Company: Leadership; Strategic Planning; Customer & Market Focus; Measurement, Analysis & Knowledge Management; Human Resource (HRD) Focus; Process Management; Business Results), Blue Ocean Strategy (BOS) dan Sistem ISO System dimana dalam sistem tersebut bisnis dikelola secara integral sesuai bisnis prosesnya.
--------------------------------------------------------------->


SWN
Moderator & Owner




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

0 Comments:

 

Get Visa Card Info | Domain Guide |